Toner warna original VS compatible

toner warna original

Perbedaan toner warna original dan compatible biasanya adalah di kualitas hasil dan harga yang terpaut cukup jauh. Berdasarkan pengalaman kami selama menggeluti bidang perdokumenan, selalu toner (consumable) menjadi masalah utama untuk memproduksi sebuah dokumen. Di informasi kali ini yang kami maksud adalah toner warna original untuk mesin fotocopy atau printer berbasis engine laser bukan inject. Perdebatan muncul sering terjadi diantara para pemain dan copyshop dalam hal kualitas dokumen.

Pemahaman toner adalah bahan yang terbuat dari arang dan plastik yang diracik sedemikian rupa oleh pabrik sehingga menjadi bahan dasar untuk memproses hasil dari sebuah mesin fotocopy atau printer. Secara teori memang kualitas yang dihasilkan oleh toner warna sangatlah bagus dan sesuai dengan tipe mesin, sedangkan toner compatible biasanya kualitas hasil dari dokumen akan menurun jika dibandingkan dengan hasil dari monitor (print) atau dokumen (copy).

Beberapa merek mesin fotocopy misalnya Fuji Xerox, mereka melakukan R & D untuk toner saja memakan waktu dan biaya, sehingga sangatlah wajar jika harga toner warna original berbeda jauh dengan toner warna compatible. Toner compatible biasanya meniru dari sample toner warna original dan tentu untuk mengejar harga yang lebih terjangkau biasanya bahan-bahan akan dikurangi dalam proses produksi, sehingga menghasilkan sebuah produk yang murah.

Memang dijaman sekarang kualitas toner compatible semakin bagus, dan menjadi pilihan banyak penggunanya jika dokumen yang di copy/print tidak terlalu membutuhkan kualitas yang bagus (sekedarnya) dan biasanya dipakai untuk kalangan sendiri atau tidak dijual. Hal ini bertolak belakang dengan sebuah dokumen yang digunakan untuk desain grapik atau foto, tentu hasil akan jauh dari yang diharapkan. Sebetulnya hal ini sudah diketahui oleh semua pengguna fotocopy atau printer namun dikarenakan menekan biaya produksi maka dengan terpaksa menggunakan toner compatible. Kita ambil satuu contoh di halaman beberapa penjual toko online yang menjual toner warna original dan toner warna compatible, dapat dipastikan dari sisi harga jauh berbeda.

Alasan yang menjadikan perbedaan yang lain adalah jumlah dokumen yang dihasilkan dari toner warna original dan compatible, dapat dipastikan juga jumlah hasil copy/print (volume) lebih banyak toner original. Hal ini disebabkan kualitas dari kedua jenis toner tersebut. Jadi sebetulnya penggunaan toner compatible sebenarnya tidaklah hemat jika dilihat dari sisi harga dan jika dilihat dari kualitas sewaktu kita copy/print selalu was-was akan hasil dari tiap lembar dokumen yang dihasilkan oleh mesin fotocopy atau printer tersebut.

Dari kudua alasan yang kami kemukakan sebetulnya akan berdampak pada kesehatan, berapa biaya kita ke dokter jika setiap copy/print selalu was-was yang akhirnya menjadikan penyakit stroke, migran dll. Belum lagi biaya kertas, listrik, tenaga dan pikiran jika hasil copy.print tidak sesuai dengan harapan. Jadi kami himbau untuk penggunaan mesin fotocopy/print warna selalu gunakan toner warna original agar tetap sehat dan nyaman selama bekerja.

Kami Nusaprint selalu menggunakan toner warna original dalam layanan program total service untuk mesin fotocopy warna yang kami pasarkan. Alhasil komplain mengenai kualitas hasil copy/print sangat kecil sekali. Sehingga biaya ke dokter dapat diminimalisir 🙂

Demikian perbedaan toner warna original VS compatible dari pengalaman kami selaku pemain dan pengguna mesin fotocopy warna. Mudah-mudahan dari informasi ini, pembaca blog kami selalu menggunakan toner original untuk setiap mesin fotocopy/print warna dilingkungan kerjanya.

Salam

Toner warna original VS compatible
Tagged on:                                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.