Parental Controls yang harus di terapkan ke anak

Parental controlsInternet telah berkembang dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir, menambahkan layanan  “undreamed” yang memperkaya kehidupan anak-anak kita. Sayangnya, teknologi baru ini (undreamed) juga telah membawa kekhawatiran bagi orang tua seperti sexting, cyberbullying, pornografi internet, dan predator online. Untungnya, teknologi juga telah memberikan orang tua dengan beberapa bantuan – Parental Controls  (kontrol orang tua). Parental Controls adalah alat tertanam dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya yang memungkinkan orang tua untuk menetapkan batas bagi anak-anak mereka tentang bagaimana produk ini digunakan. Parental Controls dapat membantu anak-anak sebagai perisai dari kontak yang tidak diinginkan, membatasi akses mereka terhadap materi yang tidak pantas, memberitahu Anda tentang perilaku online yang merepotkan, dan membantu mencegah untuk berbagi informasi pribadi.

Tentu saja, semua akan menjadi indah jika orang tua bisa membeli satu set “kontrol” yang akan menginstruksikan anak-anak dalam dalam kondisi yang aman diwaktu online dan menyaring bahaya dari internet itu sendiri. Meskipun tidak ada bagian dari perangkat lunak dapat melakukan semua ini, Parental Controls dikombinasikan dengan pengetahuan dalam “keamanan online” dan beberapa aturan akal sehat untuk penggunaan internet adalah strategi terbaik bagi orang tua untuk menjaga keamanan anak-anak disaat online. Orang tua harus selalu ingat bahwa Parental Controls adalah alat, dan bukan merupakan pengganti untuk keterlibatan orang tua dan pendidikan keselamatan dalam ber-internet.

Parental Controls memberikan satu atau lebih dari lima fungsi utama:

  1. Penyaringan konten
  2. Pembatasan penggunaan
  3. Manajemen kontak
  4. Perlindungan privasi dan
  5. Pemantauan

Berikut ini adalah gambaran singkat mengenai lima fungsi utama Parental Controls:

Penyaringan konten

Penyaringan konten (Content Filtering)adalah hal yang paling sering dimasukkan dalam internet Parental Controls, khususnya kemampuan untuk membatasi tipe tertentu dari situs web yang dianggap tidak pantas untuk anak-anak. Penyaringan konten juga termasuk dalam konsol game untuk membatasi akses ke video game dewasa, serta pemutar media untuk membatasi akses ke musik dengan lirik eksplisit.

Pembatasan penggunaan

Pembatasan penggunaan (Use restrictions)adalah pembatasan di mana fitur atau program dari perangkat anak dapat digunakan. Pembatasan penggunaan internat dapat mencakup aplikasi memblokir seperti e-mail atau pesan instan. Konsol game dan ponsel juga dapat dibatasi fungsinya seperti akses Internet atau kemampuan untuk membeli barang secara online, atau memblokir kemampuan untuk menggunakan fungsi seperti kamera. Pembatasan penggunaan juga mencakup fungsi manajemen waktu yang memungkinkan orang tua untuk membatasi waktu anak diperbolehkan untuk menggunakan perangkat.

Manajemen kontak

fungsi Manajemen kontak (Contact management)  memungkinkan orang tua untuk mengontrol siapa yang dapat menghubungi anak melalui metode komunikasi seperti ponsel, e-mail, instant messaging, atau jejaring sosial. Manajemen kontak biasanya melibatkan orang tua untuk mengelola “daftar putih” yang disetujui alamat e-mail atau nomor telepon yang diizinkan untuk menghubungi anak. Banyak fungsi manajemen kontak juga termasuk “daftar hitam” di mana orang tua atau anak bisa melakukan blokir dari “daftar hitam”(nomor telepon atau alamat e-mail) sehingga tidak bisa lagi menghubungi anak.

Perlindungan Privasi

Konten penyaringan dan Manajemen Kontak difocuskan mengenai pemblokiran informasi yang masuk, perlindungan privasi fokus pada pemblokiran informasi keluar. Perlindungan privasi mencakup kemampuan untuk memblokir rilis informasi orang tua telah dianggap pribadi bagi orang tua, seperti alamat rumah atau nomor telepon, atau data GPS dari ponsel yang mengungkapkan lokasi.

Pemantauan

Pemantauan memungkinkan orang tua untuk merekam informasi tentang kegiatan anak disaat online. Fungsi pemantauan dapat mencakup rekaman kunjungan situs, log panggilan ponsel, e-mail atau transkrip pertukaran pesan instan, dan bahkan rekaman lengkap “screen capture” secara detail setiap aktivitas online anak Anda.

Semoga bermanfaat 🙂

Parental Controls yang harus di terapkan ke anak
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.